Supaya Lulus Tes ,Inilah 5 Jurusan yang Paling Banyak Dicari CPNS 2018

543 views

GURUCANTIK.COM – Pemerintah baru saja membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara resmi pada Rabu (19/9/2018) kemarin. Kali ini, ada 238.015 formasi pada CPNS 2018 dan saya cukup yakin ada ratus ribuan bahkan jutaan orang yang tertarik mendaftar.

Karena itu, sebelum mendaftar pastikan Anda sudah mengetahui kuota dari formasi yang hendak Anda ambil. Tahun ini, fokus rekrutmen diarahkan untuk meningkatkan daya saing bangsa dengan prioritas pada bidang pelayanan dasar yaitu pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Berikut ini daftar jurusan yang paling banyak dibutuhkan dalam CPNS 2018 kali ini:

1. Pendidikan Guru

Jurusan ini mendapatkan prioritas terbesar tahun ini. Sebanyak 88 ribu guru kelas dan mata pelajaran dibutuhkan untuk pemerintah daerah. Selain itu dibutuhkan 12 ribu formasi guru madrasah Kementrian Agama yang akan bertugas di kabupaten/kota.

sumber: 24 kw

2. Pendidikan Guru Agama

Tahun ini, secara khusus Pendidikan Guru Agama untuk semua Agama mendapatkan porsi besar yakni untuk ditempatkan di 525 pemerintah daerah (pemda) dengan kebutuhan tenaga sebanyak 8000 formasi.

3. Kedokteran dan Tenaga Medis

Untuk memenuhi kebutuhan jabatan tenaga kesehatan bagi pemda, CPNS tahun ini membuka kuota sebanyak 60.315 formasi. Jumlah ini meliputi dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, dan tenaga medis/paramedis.

4. Teknik

Tenaga teknis juga jadi kebutuhan CPNS 2018. Dibutuhkan 30.429 formasi dari pelamar umum yang akan mengisi kebutuhan di pemerintah pusat maupun daerah. Jurusan teknik yang banyak dicari adalah Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Arsitektur, Teknik Perkapalan, Teknik Pertambangan, dan Teknik Komputer.

sumber: maxman

5. Magister Pascasarjana

Setidaknya CPNS 2018 membutuhkan 14.454 formasi dosen untuk Kemenristekdikti dan Kementerian Agama. Namun, formasi ini tidak hanya membutuhkan kualifikasi akademik, tapi juga kualifikasi pendidikan. Kualifikasi akademik diantaranya pernah melalui pendidikan tinggi program pascasarjana terakrediasi sesuai dengan bidang ilmu keahlian. Sedangkan kualifikasi akademik adalah telah lulus sertifikasi yang dilakukan perguruan tinggi penyelenggara program pengadaan tenaga kependidikan pada perguruan tinggi yang ditetapkan pemerintah.

Artikel Asli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *