Cobalah 5 Tips Simple Pilih Formasi CPNS Biar Ga Bingung

40 views

GURUCANTIK.COM – Rekrutmen CPNS 2018 baru saja dibuka pada September ini, sedangkan pendaftaran untuk pengiriman berkas awal telah dimulai pada tanggal 26 September 2018 kemarin. Sesuai mandat yang diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, para peserta CPNS hanya bisa memilih satu instasi dengan satu formasi di dalamnya.

Padahal, ada sekitar 238.015 formasi yang terdiri dari berbagai instansi pemerintah pusat dan daerah. Terus, gimana nih caranya buat milih formasi sesuai keahlian dengan peluang yang lebih besar? Berikut beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan biar lebih mantap memilih formasi dan instansi yang tepat.

 

1. Pertimbangkan peluang formasi di instansi pusat dan daerah sesuai jurusan kamu, kira-kira lebih berpeluang yang mana

 

 

Berbeda dengan tahun 2017 yang lebih berpusat pada kementerian di daerah pusat. Pada rekrutmen CPNS tahun 2018 ini, kamu bebas memilih untuk masuk pada formasi di instansi pusat atau daerah. Kadang, makin banyak pilihan membuat kamu makin bingung.

Namun tenang saja, kamu bisa melihat jumlah formasi yang dibutuhkan di daerah untuk tahu kemungkinan peluang kamu. Jika kamu lebih menitikberatkan buat bekerja sesuai kota yang kamu tuju, sebaiknya pilihlah instansi di daerah. Sebaliknya, jika kamu memang lebih berminat untuk bekerja di kota yang berkemungkinan besar bertempat di seluruh wilayah Indonesia, kamu bisa pilih instansi di kementerian pusat.

 

2. Pilih instansi sesuai minat dan bakatmu, bayangkan kamu akan nyaman bekerja di sana sepanjang masa kerja nanti

 

 

Ketika latar belakang jurusanmu muncul di berbagai formasi di banyak instansi pusat maupun daerah, kamu bisa pilih instansi atau kementerian yang paling kamu minati. Barangkali akan lebih mudah bagi kamu yang sudah bekerja, karena akan memilih sesuai bidang kerja yang pernah kamu jalani.

Namun, bagaimana buat kamu yang baru lulus dan belum mempunyai pengalaman kerja apapun? Tenang saja, pilihlah instansi yang paling sesuai dengan kepribadian dan yang ingin kamu jalani. Jadikan instansi yang kamu pilih itu layaknya rumah yang bakal nyaman kamu tinggali sepanjang kamu bekerja mengabdi sama negara nanti.

 

3. Perhatikan apakah formasi yang kamu pilih sudah sesuai dengan kemampuan yang kamu punya

 

Memilih formasi juga gak perlu gengsi. Kalau saat bekerja di perusahaan swasta sebelumnya kamu harus bekerja di bidang yang menurut kamu paling tersohor di antara yang lain, pilihlah formasi CPNS ini sesuai dengan kemampuan dan perhitungan peluang untuk bisa lolos. Jangan main-main dan sesuaikan dengan keahlian dan minat yang kamu punya.

Bekerja menjadi aparatur negara cukup berbeda dengan bekerja di perusahaan swasta atau badan lainnya. Kamu bisa pertimbangkan itu dari pengalaman dan prestasi yang telah kamu dapatkan.

 

4. Pertimbangkan pula jurusan yang bisa mengikuti dan jumlah formasi yang dibutuhkan, kamu bisa memperkirakan jumlah pesaing peserta lain

 

Saat sudah memilih instansi, kamu akan dihadapkan untuk memilih formasi yang juga memberikan banyak peluang bagi jurusan selain kamu. Saat seperti ini, pertimbangkan jumlah pesaing dari jurusan lain serta jumlah formasi yang dibutuhkan. Dengan melakukan cara ini, kamu bisa memperkirakan peluang kamu lolos dari jumlah pesaing yang memperebutkan satu formasi dan jumlah yang dibutuhkan dalam formasi itu sendiri.

5. Yakinlah dengan formasi yang kamu pilih sampai tahap terakhir rekrutmen nanti

 

Saat kamu sudah memilih, mantapkan formasi yang kamu pilih itu dari awal dan jangan sampai ragu sedikitpun. Semakin kamu yakin buat lolos, semakin besar peluang kamu diantara yang lain. Minta restu kedua orang tua sebelum memilih dan mantaplah pada keputusan yang telah kamu pilih tersebut.

Semoga lolos sampai tahap akhir ya!

Artikel Asli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *